Click If You LOVE Indonesia!

Thursday, December 1, 2011

Balada Kimcil dan Hasil Praktikum

Happy December everyone. Don't forget say thanks to God, we still alive anyway!

Gak kerasa banget udah masuk bulan (hampir) ke3 aku jadi mahasiswi. Yah, berasa udah gede gitu deh, 17 tahun walaupun belum buat KTP, yang paling penting adalah bukan kimcil lagi. Mmmh, buat adek-adek yang masih SMA, nikmatilah masa kimcil kalian. Ini bocoran aja buat kalian, jadi gak-kimcil-lagi itu berat loh. Kalian harus seharian penuh diluar rumah, banyak tugas, kuis, belajar, behhh beboro belajar, nama makul aja susah ngehafalin saking banyaknya tugas. Itu aku sih. Gatau kalo mahasiswa yang lain.
Oh iya, kalian khususnya yang waktu SMA ambil jurusan IPA pasti pernag peraktikum dong. Punya jas lab dong? Tau tabung reaksi dong? Tau h5n1 dong? Iya itu flu burung, burung siapa gak ngerti juga. Sebenernya bukan itu intinya, bacanya biasa aja dong. Nah, selesai praktikum, kaliaan pasti disuruh cuci tabung reaksi kan? Nutupin dan ngerapihin botol-botol cairan yang baunya aneh-aneh dan parahnya kita gatau itu apa, malah bisa aja itu kencing laborannya. Bener kan tebakan aku? Yah, dan lagi-lagi bukan itu intinya, jadi, sekali lagi, please bacanya biasa aja. Gini, pasti kalian disuruh buat laporan, iya kan, iya dong? Pasti. Cuma mau kasih bocoran, kalo kalian nanti sudah masuk dunia perkuliahan dan khususnya jurusan IPA, laporannya itu beda lho sama laporan jaman kalian SMA. Sebenernya sih sama. Ada tujuan praktikum, cara kerja, dasar teori, pembahasan, hitungan, daftar pustaka dan sejenisnya. Yang SEDIKIT buat beda adalah, hasil praktikum.
Oke, waktu SMA kita ambil aja contoh praktikum yang sel hewan dan tumbuhan. Well, it make no sense at all kalo kalian disuruh membuat hasil praktikum yaitu buat bawang. Kalo ada diantara kalian yang disuruh kayak gitu, aku saranin besok balik SMA, terus ketemu guru itu, dan jebleske ndase di Tugu. Oke balik ke topik, di kampus aku, eh fakultas aku, kebanyakan praktikum itu hasil praktikumnya sedikit njelimet. Eh.. Njelimet itu apa sih? Yak, pertama aku akan njelasin arti kata njelimet.
Njelimet itu kalau misal, kamu sama adek kamu yang umurnya 2,75 tahun ditinggal ortu berdua dirumah dan lagi ngerjain PR Fisika sambil nonton TV, Online Facebook, Twitter, KasKus dan segalanya, dan telfonan sama pacar, tiba-tiba adek kamu beol, dan ternyata setelah kamu liat adek kamu beolnya beol duit. Kamu bingung harus apa, harus matiin telfon dan sibuk nagmbilin eek duit adek kamu, post status FB & Twitter ngumumin adek kamu beolnya duit, apa buka Thread jaualan adek yang bisa beol duit. Posisi kamu disitu galau banget, confuse, bimbang tingkat provinsi. Disisi lain kamu masih ngerjain PR, niat kamu mau ngambilin beol duit adek kamu itu, tapi kalo PRnya terbengkalai kamu bisa dimarahin Pak Karno (yang gatau Pak Karno.... Bersyukurlah) Dan.. Apa yang harsu kamu lakukan? Dan selamat, hidup kamu benar-benar njelimet. Sekarang udah tau artinya, kan?

Oke, back ke hasil praktikum. Contoh pengalaman: Aku pribadi, semester ini 4 praktikum. Dan yang menurut aku paling njlimet HPnya adalah Kartografi Dasar & Geologi Umum. Sekarang aku tanya, orang rajin mana sih yang mau ngeliatin bentuk batu kristal. Please, deh. Tarzan aja ga mungkin segitunya banget. Dan yang paling sucks adalah, gambarnya pake sudut kristal. What the h**l! Itu contoh hasil praktikum Geologi Umum. Kalo kardas, hmm, jangan ditanya.. Coba, aku tanya, ada gak yang hobinya ngukur ketinggian? Kalian cocok masuk kelas ini. Ehm, itu namanya kontur. Kalo buat aku, ini lebih mirim sama jaring laba-laba. Yang parahnya kalian tuh bener-bener harus nyambungin dan ngitung satu-satu. Oke, aku sadar percuma yang baca juga belum tentu tau arti dari "kalian tuh bener-bener harus nyambungin dan ngitung satu-satu".

Nah.. Ini inti pokoknya. Jadi, berpikirlah ulang untuk melepas gelar kimcil kalian. Tidak mudah untuk menjadi seorang-bukan-kimcil. Ini menurutku lho..

No comments:

Post a Comment